Badan Usaha Milik Desa


BUMDES ( Badan Usaha Milik Desa)

BUMDES atau badan usaha milik desa , adalah badan usaha yang dikelola oleh desa atas anggaran dana yang diberikan oleh pemerintah pusat. Hal ini tercantum dalam undang-undang No.6 tahun 2014 tentang Dana Desa. Dana desa yang telah dianggarkan oleh pemerintah pusat dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik oleh desa untuk memajukan perekonomian desa. Dalam hal ini , pemerintah desa Soket Dajah membangun Badan Usaha Milik Desa yang bergerak di bidang  mebel  sablon dan Love Bird .

a.      Mebel
Pada sektor perekonomian dalam bidang jasa, para warga desa soket dajah sebagian kecil bermata pencaharian sebagai pembuat mebel yang dikhususkan pada pembuatan cendela, pintu dan lemari.  Selain itu pula, para pengrajin mebel ini juga menerima pesanan dari para konsumen. 
  


Mayoritas pesanan mebel ini berasal dari warga sekitar soket dajah namun selain itu pula juga di pasarkan diluar desa soket dajah. Adapun alat-alat yang digunakan masih terbilang sederhana mengingat modal yang dimiliki juga minim.

b.      Sablon
Sektor jasa yang lain dalam mendukung perekonomian warga salah satunya juga terdapat sablon. Sablon ini dikelola oleh salah satu organisasi pemuda di desa ini salah satunya Karang Taruna desa soket dajah dengan pekerja yang berasal dari para pemuda-pemuda di desa soket dajah.



Sektor jasa sablon ini bekerjasama sama mendapat bantuan dari dana dari BUMDES sehingga alat-alat yang dibutuhkan disediakan oleh BUMDES tersebut. Ketua karang taruna Desa Soket Dajah Fathurahman menyatakan “dengan adanya sektor jasa sablon ini diharapkan akan turut meningkatkan perekonomian warga desa soket dajah khususnya para pemuda desa yang tidak memiliki pekerjaan”

c.       Burung Love Bird
sektor perekonomian yang lain yang dimiliki oleh BUMDES ialah usaha burung love bird yang terletak didusun masjid. Adapun usaha yang dikelola ialah berbagai macam jenis burung lovebird mulai dari burung lovebird standart sampai burung lovebird gobal.
 



Sedangkan untuk pemasarannya hanya di daerah soket dajah saja. Namun menerima sistem jual beli jika pembeli dari daerah lain mau ke tempat usaha lovebird tersebut.


loading...

Komentar

Berita Populer