Postingan

BUMDES (Badan Usaha Milik Desa)


      Badan usaha milik desa merupakan dana yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat yang diberikan kepada desa yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat setempat. Dalam BUMDES ini tentunya tak hanya berupa uang yang dikelola untuk pembanggunan infrastruktur desa sebagai pemuas fasilitas desa saja, namun BUMDES ini juga bertujuan sebagai pelatihan bagi masyarakat dalam berwirausaha menggunakan dana desa, yang kemudian pendapatannya akan masuk ke dalam kas desa. Dari kas desa tersebut dapat digunakan sebagai pembangunan lainnya seperti pembangunan jalan, dan infrastruktur lainnya. Di desa Soket Dajah ini terdapat beberapa BUMDES. antara lain bidang konveksi dan sablon, mebel, serta budidaya love bird. Semua BUMDES tersebut dikelola langsung oleh masyarakat namun tetap dalam pantauan dan mendapat pelatihan dari desa.

BUMDES Konveksi dan Sablon


      Bumdes Konveksi dan sablon ini dikelola langsung oleh pemuda-pemudi desa Soket Dajah yang tergabung dalam organisasi karang taruna. Konveksi ini biasanya menerima pesanan berupa seragam olah raga, baju partai, serta seragam-seragam yang terbuat dari kain kaos.

      Konveksi dan sablon ini dipantau langsung oleh perangkat desa. Alat-alat, mesin, dan keperluan lainya pun juga sudah disediakan oleh BUMDES. Sehingga para pemuda-pemudi karang taruna hanya perlu menjalakan, dan menyalurkan kekreatifitasanya melalui desain sablon dan konveksi.

      Selain menerima pesanan, konveksi dan sablon ini juga bisa dimanfaatkan bagi para pemuda-pemudi karang taruna yang ingin belajar menjahit dan menyablon. Agar pemuda-pemudi desa Soket Dajah memiliki pengalaman, yang suatu saat akan berguna bagi mereka, serta dapat dijadikan sebagai ilmu yang nantinya akan diwariskan pada anak cucu, sehingga jasa konveksi dan sablon dapat terus tumbuh dan berkembang. Dengan adanya BUMDES konveksi dan sablon diharapkan dapat memanbantu pendapatan desa, dan yang terpenting adalah dapat mebantu mebangkitkan roda perekonomian warga desa Soket Dajah menjadi lebih baik, serta dapat menjadi lapangan pekerja bagi para pemuda-pemudi desa Soket Dajah.

BUMDES Mebel


      Bumdes Mebel adalah satu usaha yang didanai langsung oleh pemerintah desa. Sama seperti konveksi dan sablon, usaha mebel ini juga dipantau langsung oleh perangkat desa. Mata pencaharian mebel ini dikhususkan pada pembuat jendela, daun pintu dan almari.

      Untuk proses pembuatannya menggunakan alat dan mesin yang cukup sederhana. Kayu yang digunakan didapatkan dari membeli. Jadi belum bisa memproduksi mebel dari kayu yang didapatkan dari desa Soket Dajah sendiri. Usaha mabel ini tergolong usaha yang masih kecil, karena memang usaha mabel ini masih baru dirintis oleh warga desa Soket Dajah dengan bantu BUMDES. Mayoritas pemesan mabel ini berasal dari warga desa Soket Dajah. Selain itu juga hasih produksi dari usaha mabel ini juga dipasarkan diluar desa Soket Dajah.

      Mebel dijadikan sebagai usaha bidang jasa yang diharapkan dapat membantu perekonomian warga desa Soket Dajah, serta dapat menjadi tambahan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Soket Dajah, khususnya pemuda-pemudi.

BUMDES Budidaya Love Bird


      Bumdes Budidaya Love Bird adalah jenis burung yang sedang digemari masyarakat saat ini khususnya bagi masayarakat pecinta burung. Tak heran jika BUMDES Soket Dajah juga memberikan dana untuk menernak jenis burung tersebut. Selain karena minat terhadap burung love bird yang tinggi, harga jual yang cukup mahal juga membuat ternak burung love bird ini semakin menarik.

      Ternak burung love bird yang ada di desa Soket Dajah ini terletak di dusun masjid, lebih tepatnya di kediaman bapak Mat Zahri selaku penanggung jawab trenak burung love bird. Ternak burung love bird ini dikelola oleh pemuda-pemudi desa soket yang memiliki kecintaan terhadap burung. Namun, ternak love bird ini tidak dikhususkan pada pecinta burung saja, tapi juga pada semua pemuda-pemudi yang memiliki kemauan terhadap ternak burung love bird.

      Usaha ternak burung love bird di desa Soket Dajah ini sudah cukup menernak cukup banyak jenis burung love bird, mulai dari love bird paskun, pasjo, cobalt, olive, lutino, hingga burung love bird yang paling mahal yaitu love bird biola berwarna grey. Pemasaran burung love bird ini hanya mencakup di lingkup desa Soket Dajah saya, namun jika ada pembeli dari daerah lain, harus datang langsung ke tempat usaha ternak love bird.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Video

yuk ikut Bertani

Link: https://youtu.be/Qrv-1cpGEr4

yuk ikut senam pagi

Link: https://youtu.be/gdkIjWikmG0

Video Lainnya
Video Profil Desa

Link: https://youtu.be/8-g5Y69E9mU

Pruduk Unggulan Abon Lele

Link: https://youtu.be/dhJORtMiQB8

Produk Unggunlan SUJIMAT (Susu Jagung Nikmat)

Link: https://youtu.be/ywhOrf5B-90


Galeri



Anggota KKN 27


R, M, RAHADIAN KURNIAWAN MANAJEMEN
HENDRIK SETIAWAN PENDIDIKAN INFORMATIKA
EKA KRISTANTI NUR KHASANAH PENDIDIKAN IPA
ACHMAD LIANDIK AGRIBISNIS
KHUSNUL KHOTIMAH PEND. BAHASA INDONESIA
MUHAMMAD AULA HIJRAH PENDIDIKAN INFORMATIKA
ROHMATUL UMMAH PG PAUD
NOVITA TRI ANDINI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
PUTRI WULANSARI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
LUKLUK ATUL HASUNAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
RANI SURYANING UTAMI PEND. BAHASA INDONESIA
PRATIWI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
M. ZAINUL ABROR PEND. BAHASA INDONESIA
NOPI LISTRIAWATI PENDIDIKAN IPA
YUNISTIARA EKA HARI PERMATA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Peta Desa Soket Dajah


Wilayah Lokasi Desa Soket Dajah
Kantor Kepala Desa Soket Dajah


Bottom Ad [Post Page]

| Template by Colorlib