Postingan

      

Assalamualaikum teman-teman, bertemu lagi dengan kami KKN 27. Bagaimana kabar hari ini ??? Semoga tetap dalam lindungan-Nya. Pada kesempatan kali ini kami KKN 27 Desa Soket Dajah akan membagikan sedikit pengalaman tentang pengolahan kain perca. Apa sih kain perca itu ? Kain perca merupakan sisa potongan kain yang sudah tak terpakai lagi, kain ini biasanya banyak ditemukan pada tukang jahit atau konveksi. Nah, kebetulan konveksi ini ada di Desa Soket Dajah dan konveksi ini juga masuk pada BUMDes. Namun, kain perca yang ada pada konveksi ini terbuang sia-sia.

Kami memiliki ide untuk tidak membuang sisa kain ini, walaupun kain ini termasuk kain sisa jika kita memiliki jiwa kreatif maka kain ini bisa disulap menjadi kerajinan yang menarik, unik serta memiliki nilai jual yang tinggi loh teman!!! Hehe. Mungkin kalian bertanya-tanya, kira-kira kain perca ini kami sulap menjadi apa ? bagaimana cara membuatnya ? langsung simak aja yuk.

Kami menyulap kain malang ini menjadi keset. Cara membuat pun cukup mudah teman. Pertama, kita siapkan alat dan bahan untuk kain perca yang akan kita buat (1.Kain perca. 2. Jarum besar atau jarum untuk manjahit kasur. 3. Benang kasur, warna yang digunakan sesuai selera). Kedua siapkan kain perca, potong atau sobek kain mengikuti seratnya dengan bentuk kecil memanjang. Setelah semua kain terpotong, kepang tiga helai potongan kain sehingga membentuk jalinan yang panjang (bukan jalinan kasih ya, hehe). Proses ini dapat memakan waktu. Setelah kepang selesai dibuat, bentuk sesuai selera seperti persegi, lingkaran, love dan lain sebagainya. Satukan hasil kepangan dengan cara dijahit. Tidak ribet dan cukup mudah membuatnya kan. Tiap ide kecil yang kalian lakukan, dapat membuat rumah kalian menjadi kece juga loh, serta dapat pula mendapatkan pundi-pundi uang jika kita memproduksikan secara massal dan kita pasarkan.  Bagusnya lagi, limbah sampah pun menjadi berkurang. Selamat mencoba dan menciptakan ide-ide kreatif teman-teman. Sekian dari kami, terimakasih sudah berkunjung teman-teman. 

Wassalamualaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Video

yuk ikut Bertani

Link: https://youtu.be/Qrv-1cpGEr4

yuk ikut senam pagi

Link: https://youtu.be/gdkIjWikmG0

Video Lainnya
Video Profil Desa

Link: https://youtu.be/8-g5Y69E9mU

Pruduk Unggulan Abon Lele

Link: https://youtu.be/dhJORtMiQB8

Produk Unggunlan SUJIMAT (Susu Jagung Nikmat)

Link: https://youtu.be/ywhOrf5B-90


Galeri



Anggota KKN 27


R, M, RAHADIAN KURNIAWAN MANAJEMEN
HENDRIK SETIAWAN PENDIDIKAN INFORMATIKA
EKA KRISTANTI NUR KHASANAH PENDIDIKAN IPA
ACHMAD LIANDIK AGRIBISNIS
KHUSNUL KHOTIMAH PEND. BAHASA INDONESIA
MUHAMMAD AULA HIJRAH PENDIDIKAN INFORMATIKA
ROHMATUL UMMAH PG PAUD
NOVITA TRI ANDINI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
PUTRI WULANSARI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
LUKLUK ATUL HASUNAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
RANI SURYANING UTAMI PEND. BAHASA INDONESIA
PRATIWI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
M. ZAINUL ABROR PEND. BAHASA INDONESIA
NOPI LISTRIAWATI PENDIDIKAN IPA
YUNISTIARA EKA HARI PERMATA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Peta Desa Soket Dajah


Wilayah Lokasi Desa Soket Dajah
Kantor Kepala Desa Soket Dajah


Bottom Ad [Post Page]

| Template by Colorlib