Postingan

      Assalamualaikum kawan - kawanku semua. Alhamdulillah, kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Trunojoyo Madura kembali dilaksanakan. Tepatnya pada tanggal 26 Desember 2018, ketua pelaksana kegiatan KKN UTM menginstruksikan untuk memberangkatkan peserta KKN secara serentak pada tanggal tersebut. Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, pada kesempatan ini,kegiatan Kuliah Kerja Nyata dilaksanakan dengan konsep yang berbeda. Perbedaan tersebut terlihat dari pembentukan kelompok dan penentuan lokasi tujuan KKN yang dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan kelompok serta dapat menentukan kecocokan bidang pada daerah yang akan dijadikan tujuan pelaksanaan. Pada periode ini, kegiatan Kuliah Kerja Nyata dirangkai dalam tema KKN Tematik Mandiri UTM.
      Kami dari kelompok 27 siap terjun ke masyarakat. Itulah kalimat yang membuat kami semangat untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata. Sebelumnya perkenalkan, kami adalah kelompok 27 KKN Tematik Mandiri UTM. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya kamipun menentukan desa tujuan kelompok kami, yaitu di Desa Soket Dajah Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan. Tidak serta merta kami menentukan keputusan, melainkan dari beberapa pertimbangan. Meningkatkan antusias pemuda dalam membangun desa adalah tujuan kami. Selain itu, kami juga melihat beberapa potensi desa yang belum dimaksimalkan. Dengan demikian, kami mencoba untuk berbagi pesan walaupun hanya selembar, berbagi pengalaman walaupun sedikit, dan berbagi manfaat walaupun tidak seberapa. Dengan demikian, kami mencoba untuk menjalankan kewajiban kami dengan maksimal.
     KKN Tematik Mandiri Universitas Trunojoyo Madura telah diluncurkan dari kampus tercinta ke desa tujuan. Berbekal keyakinan dan persiapan kegiatan yang telah kami rancang bersama, kamipun siap dalam menerapkan dan melaksanakan rencana yang telah kami buat. Dengan kebutuhan desa yang ada, kami mengangkat Judul Pemberdayaan Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Potensi Desa dalam Mewujudkan Ekonomi Kreatif. Dengan demikian, kami akan mencoba bersama rekan - rekan desa untuk saling bekerjasama dalam mewujudkan tujuan bersama. Kami percaya, segala hal yang dilakukan dengan ikhlas dan disertai dengan do'a, pasti akan menjadikan sebuah manfaat.
     Sedikit bercerita nih temen - temen, sebelum kelompok kami diluncurkan ke desa tujuan secara resmi, sebenarnya kita telah melakukan beberapa agenda. Sebelum peluncuran, kami melakukan observasi ke desa Soket Dajah untuk melakukan observasi terkait kebutuhan - kebutuhan desa yang sekiranya dapat kita rundingkkan bersama dalam tindakan selanjutnya. Selain itu, kami juga berkunjung ke BUMDes untuk melihat sejauh manapartisipasi masyarakat dalam pengelolaan BUMDes yang telah tersedia di desa.

      Agenda Obeservasi yang pertama kali kita lakukan adalah pada tanggal 06 November 2018. Saat itu kami disambut sangat hangat oleh bapak Rifa'i selaku Kepala Desa atau di pulau madura sering disebut dengan pak Klebun. Kami berbincang banyak hal terkait dengan kegiatan KKN yang akan dilaksanakan, hingga membahas kegiatan rutin di masyarakat. Bapak Rifa'i sangat mendukung kegiatan yang berhubungan dengan kepemudaan, "karena pemuda lah yang nantinya akan menjadi ujung tombak desa", kata beliau dengan senyuman khasnya. Kegiatan pemuda yang telah dilaksanakan diantaranya adalah rutinan malam senin, kerja bakti, olahraga, dan kegiatan yang lainnya. Dengan demikian, kami akan berusaha untuk berbagi informasi bersama kelompok pemuda agar kegiatan tersebut dapat dimaksimalkan, lebih - lebih dapat menjadi kegiatan yang produktif.
      Agenda Obeservasi yang selanjutnya kami laksanakan pada tanggal 14 November 2018. Saat itu, kami membahas tentang kendala - kendala yang di alami di desa. Deri perbincangan hangat kami di sore itu, kami dapat mengetahui bahwa minat warga terhadap pengembangan BUMDes yang telah berjalan masih kurang. Sehingga dalam pelaksanaannya belum maksimal. Seperti pada BUMDes bidang Konveksi. Masyarakat masih kurang antusias terhadap pengelolaan BUMDes tersebut, "padahal apabila dapat dimaksimalkan, pasti dapat menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan", jelas bapak Sekertaris Desa Soket Dajah. Disanalah muncul ide dari kelompok kami yang nantinya akan kita jadikan sebagai bahan diskusi agar dapat memberiikan suatu ide pada desa dalam pengelolaan BUMDes dan dapat melibatkan masyarakat desa dalam pengelolaannya.

       Berdasarkan beberapa diskusi yang kami lakukan di Desa Soket Dajah, kami dapat mendiskusikan kembali beberapa hal tersebut agar dapat kami maksimalkan ddalam rangkaian kegiatan KKN Tematik Mandiri UTM kali ini. Pandangan kami hanyalah dapat berbaur dengan masyarakat agar informasi yang kami sampaikan tepat pada sasaran kami. Semua ini kami lakukan semata - mata dalam rangka meningkatan potensi desa Soket Dajah

       Selain BUMDes, sebenarnya ada beberapa harapan dari pihak desa, khususnya ibu Siti Rosyidah yang merupakan istri dari bapak Rifa'i. Beliau beberapa saat lalu telah mencoba budidaya berbagai tanaman. Salah satu contohnya adalah tanaman buah tin. Belia berkata bahwa "apabila dapat di maksimalkan, ini dapat menjadi potensi yang besar bagi masyarakat desa Soket Dajah". Demikian, postingan kali ini, semoga postingan ini dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa selalu do'akan kami dalam rangkaian kegiatan KKN Tematik Mandiri UTM ini. Semoga selalu menjadi inspirasi dan dapat menjadi akar dari munculnya inovasi - inovasi baru dalam peningkatan potensi desa. Aamiin

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Bagus

Unknown mengatakan...

👍

Mubarok mengatakan...

Bagus ...
Terima kasih .👍👍👍

Posting Komentar


Video

yuk ikut Bertani

Link: https://youtu.be/Qrv-1cpGEr4

yuk ikut senam pagi

Link: https://youtu.be/gdkIjWikmG0

Video Lainnya
yuk ikut Bertani

Link: https://youtu.be/Qrv-1cpGEr4

yuk ikut senam pagi

Link: https://youtu.be/gdkIjWikmG0


Galeri



Anggota KKN 27


R, M, RAHADIAN KURNIAWAN MANAJEMEN
HENDRIK SETIAWAN PENDIDIKAN INFORMATIKA
EKA KRISTANTI NUR KHASANAH PENDIDIKAN IPA
ACHMAD LIANDIK AGRIBISNIS
KHUSNUL KHOTIMAH PEND. BAHASA INDONESIA
MUHAMMAD AULA HIJRAH PENDIDIKAN INFORMATIKA
ROHMATUL UMMAH PG PAUD
NOVITA TRI ANDINI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
PUTRI WULANSARI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
LUKLUK ATUL HASUNAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
RANI SURYANING UTAMI PEND. BAHASA INDONESIA
PRATIWI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
M. ZAINUL ABROR PEND. BAHASA INDONESIA
NOPI LISTRIAWATI PENDIDIKAN IPA
YUNISTIARA EKA HARI PERMATA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Peta Desa Soket Dajah


Wilayah Lokasi Desa Soket Dajah
Kantor Kepala Desa Soket Dajah


Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib