Kegiatan Rutin Malam Sebelasan Karang Taruna Rampa' Naong


            Sebagai desa yang terletak di pulau Madura , Soket Dajah banyak mengajarkan nilai-nilai keagamaan kepada masyarakatnya. Khususnya para pemuda pemudi yang ada di Desa Soket Dajah yang kental dengan lingkungan pesantrennya. Mulai dari cara berpakaian , cara bertatakrama dan cara berfikir yang melibatkan nilai-nilai keagaaman di dalamnya.
Karang Taruna Rampak Naong adalah salah satu organisasi pemuda yang ada di Desa Soket Dajah. Organisasi yang berdiri untuk menampung pemuda pemudi agar memiliki peran aktif dalam pembangunan dan pengembangan masyarakat Desa Soket Dajah ini sudah berdiri sejak satu tahun yang lalu. Visi Organisasi Karang Taruna yaitu untuk mengumpulkan pemuda pemudi Soket Dajah dan mengajak pemuda pemudi untuk melakukan kegiatan posiif yang menguntungkan dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya Soket Dajah, sedangkan misi dari Karang Truna Rampa' Naong sendiri adalah:
1.  Ikut serta dan membantu dalam seluruh kegiatan yang di adakan oleh Masyarakat
2.  Menciptakan ekonomi produktif  untuk masyarakat Soket Dajah.
3.  Mensejahterahkan rakyat Soket Dajah.


            Sebagai organisasi yang bergerak aktif dalam penegmbangan masyarakat , tentunya banyak kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh oraganisasi ini. Salah satunya adalah kegiatan rutinan yang dilakukan oleh karang taruna rampak  naong  bersama masyarakat desa Soket Dajah  yaitu  istighosah rutinan yang biasanya dilakukan pada malam kesebelasan.
           
            Istighosah rutinan pada kesempatan kali ini tidak hanya dihadiri oleh anggota karang taruna rampak naong dan juga masyarakat desa Soket Dajah , mahasiswa kkn 36 Universitas Trunojoyo Madura juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan rutinan ini. Tujuan diadakannya istighosah ini adalah untuk memanjatkan do’a dan meminta pertolongan kepada Allah SWT , serta dijauhkan  dari segala bala bencana.

            Hal dan kegiatan yang dilakukan oleh karang taruna rampak naong tak luput dari pengaruh lingkungan tradisi dan kebudayaan yang ada di desa Soket Dajah. Selain syarat dengan nilai keagamaan , kegiatan ini banyak menghadirkan dampak positif terhadap masyarakat desa Soket Dajah , salah satunya untuk meningkatkan hubungan dengan Allah (Hablum Minallah) , hubungan dengan manusia ( Hablum Minannas) melalui terjalinnya komunikasi dalam istighosah yang bertujuan saling mendoakan dan yang ketiga adalah hubungan dengan Alam.


loading...

Komentar

Berita Populer